Pokok-pokok Perubahan pada Kurikulum 2013
Terdapat beberapa perubahan mendasar dari kurikulum 2006 ke kurikulum 2013
Yaitu
1. Penataan Pola Pikir
2. Pendalaman dan Perluasan Materi
3. Penguatan Proses
4. Penyesuaian Beban
Sedangkan elemen yang berubah antara lain
1. Standa Kompetensi Lulusan
2. Standar Isi
3. Standar Poses
4. Standar Penilaian
Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring
Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Proses hasil belajar menggunakan Penilaian autentik (Authentic Assessment) yaitu pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan
Kesimpulan : secara konseptual, kurikulum 2013 jelas ada perubahan signifikan. Perubahan itu tentunya dimaksudkan untuk menjadikan pendidikan menjadi lebih baik. Tapi Sejujurnya, pemahaman akan kurikulum 2013 bagi guru, masih sangatlah kurang. Tidaklah cukup dalam waktu yang singkat sabagai salah satu materi Diklat Online. Meskupun begitu, adanya materi kurikulum 2013 pada diklat online yang dilaksanakan oleh P4tk Matematika Yogyakarta, membuat guru yang tadinya tidak tahu sama sekali dengan kurikulum 2013, akan menjadi tahu. Dan bagi yang sudah tahu bahkan sudah mengikuti diklat khusus, dapat membagi pengalaman dan pengetahuannya, serta saling berbagi .
Saran. Untuk Diklat Online yang akan datang ada baiknya matgeri kurikulum 2013 disertakan juga video-video contoh pembelajaran , dan contoh-contoh format penilaian autentik
Sumber: http://www.kompasiana.com/musthafalutfi
Yaitu
1. Penataan Pola Pikir
2. Pendalaman dan Perluasan Materi
3. Penguatan Proses
4. Penyesuaian Beban
Sedangkan elemen yang berubah antara lain
1. Standa Kompetensi Lulusan
2. Standar Isi
3. Standar Poses
4. Standar Penilaian
Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, membentuk jejaring
Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Proses hasil belajar menggunakan Penilaian autentik (Authentic Assessment) yaitu pengukuran yang bermakna secara signifikan atas hasil belajar peserta didik untuk ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuan
Kesimpulan : secara konseptual, kurikulum 2013 jelas ada perubahan signifikan. Perubahan itu tentunya dimaksudkan untuk menjadikan pendidikan menjadi lebih baik. Tapi Sejujurnya, pemahaman akan kurikulum 2013 bagi guru, masih sangatlah kurang. Tidaklah cukup dalam waktu yang singkat sabagai salah satu materi Diklat Online. Meskupun begitu, adanya materi kurikulum 2013 pada diklat online yang dilaksanakan oleh P4tk Matematika Yogyakarta, membuat guru yang tadinya tidak tahu sama sekali dengan kurikulum 2013, akan menjadi tahu. Dan bagi yang sudah tahu bahkan sudah mengikuti diklat khusus, dapat membagi pengalaman dan pengetahuannya, serta saling berbagi .
Saran. Untuk Diklat Online yang akan datang ada baiknya matgeri kurikulum 2013 disertakan juga video-video contoh pembelajaran , dan contoh-contoh format penilaian autentik
Sumber: http://www.kompasiana.com/musthafalutfi
0 Response to "Pokok-pokok Perubahan pada Kurikulum 2013"
Post a Comment
Silahkan beri Komentar disini