-->

Aspek-Aspek Geografi || kurikulumsekolahku

Secara garis besar, aspek dalam ilmu geografi dibagi menjadi dua bagian, yaitu aspek fisik dan aspek social. Aspek fisik dipelajari dan dikembangkan oleh geografi fisik, sedangkan aspek social dipelajari dan di kembangkan oleh geografi manusia. Namun demikian pada akhir-akhir ini aspek fisik maupun aspek social dikembangkan oleh geografi fisik maupun geografi manusia.
Aspek fisik meliputin batuan di bumi, mineral dan struktur batuan, air, cuaca, dan iklim, serta flora dan fauna juga. Sementara itu aspek social melibatkan aspek social, ekonomi politik, dan budaya. Dalam ilmu ilmu lain. Oleh karena itu, dalam geografi dikenal adanya geografi fisik dan geografi manusia atau geografi social.

a.Geografi fisik adalah bagian dari ilmu geografi yang mempelajari gejala dan persitiwa alam yang terjadi dipermukaan bumi, baik di darat, laut, maupun udara beserta gaya yang menyebabkan terjadinya peristiwa itu.

b.Geografi manusia adalah bagian dari ilmu geografi yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal-balik antara penduduk dan keadaan alam, serta aktivitas dari usaha manusia dalam menyesuaikan dengan keadaan alam demi kemakmuran dan kesejahteraan hidupnya.


Gabungan antara geografi fisik dan geografi social/manusia akan melahirkan studi baru yaitu geografi regional.

0 Response to "Aspek-Aspek Geografi || kurikulumsekolahku"

Post a Comment

Silahkan beri Komentar disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel