Prediksi Bocoran Soal UN Bahasa Indonesia IPS SMA/MA 2017
Prediksi Bocoran Soal UN Bahasa Indonesia IPS SMA/MA 2017 - Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh latihan soal bahasa indonesia untuk soal pra ujian nasional yang khususnya untuk sma program studi ipa. Prediksi soal bahasa indonesia ini merupakan soal Tryout UN SMA 2017 oleh dinas pendidikan propinsi DKI Jakarta dan Tangerang.
Contoh soal UN ini Universitas Gunadarma merupakan soal yang valid sebagai bahan latihan UN SMA 2017 karena telah disusun sesuai Kisi-kisi SKL UN 2017. Dan dalam beberapa tahun ini kami telah meninjau dengan keakuratan soal ujian nasional ini yang memang sangat tepat dan tidak meleset dengan soal UN yang sesungguhnya.
Ini bukanlah sebuah bocoran soal ujian nasional, namun ini hanyalah sebuah sarana untuk bekal dalam pembelajaran soal soal ujian nasional yang dapat adik adik latih dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sebenarnya.
Langsung saja simak Soal Latihan Bahasa Indonesia Ujian Nasional IPS SMA 2017 :
Contoh soal UN ini Universitas Gunadarma merupakan soal yang valid sebagai bahan latihan UN SMA 2017 karena telah disusun sesuai Kisi-kisi SKL UN 2017. Dan dalam beberapa tahun ini kami telah meninjau dengan keakuratan soal ujian nasional ini yang memang sangat tepat dan tidak meleset dengan soal UN yang sesungguhnya.
Ini bukanlah sebuah bocoran soal ujian nasional, namun ini hanyalah sebuah sarana untuk bekal dalam pembelajaran soal soal ujian nasional yang dapat adik adik latih dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sebenarnya.
Langsung saja simak Soal Latihan Bahasa Indonesia Ujian Nasional IPS SMA 2017 :
PRA UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
SMA / MA
BAHASA INDONESIA
Program Studi IPS
Kerja sama
STMIK JAKARTA STI&K
dengan
DINAS PENDIDIKAN DKI JAKARTA DAN
DINAS PENDIDIKAN TANGERANG SELATAN
03
(Paket Soal A)
P E T U N J U K U M U M
1. Sebelum mengerjakan ujian, telitilah terlebih dahulu jumlah dan nomor halaman yang
terdapat pada naskah ujian.
2. Tulislah nomor peserta Saudara pada lembar jawaban, sesuai dengan petunjuk yang
diberikan oleh panitia.
3. Bacalah dengan cermat setiap petunjuk yang berisi penjelasan cara menjawab soal.
4. Jawablah terlebih dahulu soal-soal yang menurut Saudara mudah, kemudian lanjutkan
dengan menjawab soal-soal yang lebih sukar sehingga semua soal terjawab.
5. Tulislah jawaban Saudara pada lembar jawaban ujian yang disediakan dengan cara dan
petunjuk yang telah diberikan oleh petugas.
6. Untuk keperluan coret-mencoret dapat menggunakan tempat yang kosong pada naskah
ujian ini dan jangan sekali-kali menggunakan lembar jawaban.
7. Selama ujian Saudara tidak diperkenankan bertanya atau meminta penjelasan mengenai
soal-soal yang diujikan kepada siapapun, termasuk pengawas ujian.
8. Setelah ujian selesai, harap Saudara tetap duduk di tempat sampai pengawas datang ke
tempat Saudara untuk mengumpulkan lembar jawaban.
9. Perhatikan agar lembar jawaban ujian tidak kotor, tidak basah, tidak terlipat dan tidak
sobek.
10. Jumlah soal sebanyak 50 butir, setiap butir soal terdiri atas 5 (lima) pilihan jawaban.
11. Kode naskah ujian ini 03
PRA UN SMA 2017 1
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.
Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasis teks, baik
lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk
mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam
berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan
sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun
menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan
penyampaiannya tercapai untuk menggugah perasaan ataukah untuk memberikan pemahaman.
1. Ide pokok paragraf tersebut adalah
A. pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013
B. pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah
C. pembelajaran yang sangat dianjurkan pada kurikulum 2013
D. penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks
E. penyajian perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai
2. Tujuan penulis menyajikan isi teks tersebut adalah
A. mengimbau agar pendidik mengubah cara pembelajaran Bahasa Indonesia
B. mengingatkan pendidik supaya pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks
C. menjelaskan pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang Pendidikan Menengah
D. mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang Pendidikan Menengah
E. membandingkan cara pembelajaran dengan berbasis teks dengan yang tidak
Cermati paragraf berikut.
(1) Pada Kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap,
pengetahuan, dan keterampilan. (2) Kemampuan berbahasa yang dituntut tersebut dibentuk melalui
pembelajaran berkelanjutan. (3) Pembelajaran dimulai dengan meningkatkan pengetahuan tentang
jenis, kaidah, konteks suatu teks. (4) Setelah itu, dilanjutkan dengan keterampilan menyajikan suatu
teks tulis dan lisan, baik terencana maupun spontan yang bermuara pada pembentukan sikap
kesantunan dan kejelian berbahasa (5) Sikap penghargaan terhadap Bahasa Indonesia sebagai
warisan budaya bangsa pun sangat diutamakan sehingga peserta didik mencintai, menghargai, dan
peduli dalam memelihara bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis.
3. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 4 5.
(1) Usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi materi pelajaran
yang diharapkan haruslah diupayakan oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran. (2)
Untuk mencapai itu semua, pendidik harus menyiapkan pembelajaran dengan pendekatan dan model
pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang dibahas. (3) Di samping itu, peserta didik secara
merata harus dilibatkan dalam pembelajaran dan diajak berani untuk mencoba dan menemukan
sendiri untuk mencapai kompetensi pembelajaran tersebut. (4) Peserta didik pun harus mencari
sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya sebanyak-banyaknya. (5)
Pendidik dapat memperkaya kreasi pembelajaran dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai
dan relevan dengan daya serap peserta didik, lingkungan sosial, dan alam.
PRA UN SMA 2017 2
4. Yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat bernomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
5. Makna istilah kompetensi pada kalimat dalam paragraf tersebut adalah
A. keinginan mencoba
B. kesungguhan menggali
C. kecepatan menangkap
D. kekuatan menyelesaikan
E. kemampuan menguasai
Cermati kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal 6 9.
(1) Menurunnya debit air dalam hitungan bulan, tampaknya akan menjadi pembenaran akan prediksi
ahli tentang krisis yang terjadi di palembang. (2) Diperkirakan banyak penyebab menurunnya debit
air ini, seperti yang dituduhkan orang penyebabnya adalah penebangan liar yang tidak terkendali
lagi. (3) Dipersalahkan pula pembakaran hutan yang menyebabkan menurunnya debit air. (4) Pihak
PDAM setempat melakukan pengukuran terhadap debit-debit air yang ada untuk memprediksi
seberapa lama kekeringan akan terjadi. (5) Beberapa daerah juga mengalami penurunan yang sama
setelah dilakukan pengukuran debit air. (6) Jika tidak ada upaya pemda setempat untuk
menanggulangi hal ini, diprediksi lahan gundul akan terus meningkat. (7) Akibatnya, kekeringan
akan terus melanda daerah ini. (8) Reboisasi dirasakan perlu untuk menanggulangi masalah
sekaligus menjadi solusi jangka panjang bagi kekeringan yang akan terjadi pada suatu daerah yang
akan membuat masyarakat menderita.
6. Yang berupa fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (4) dan (5)
D. (6) dan (7)
E. (7) dan (8)
7. Opini penulis yang sesuai dengan isi tajuk rencana tersebut adalah
A. Penurunan debit air dalam hitungan bulan sudah menjadi pembenaran akan prediksi ahli di
palembang.
B. Pencegahan penggundulan hutan dan reboisasi harus dilakukan agar kekeringan tidak terjadi
lagi.
C. Perkiraan banyak penyebab menurunnya debit air oleh penebangan liar yang mencari untung.
D. Pengukuran terhadap debit-debit air yang ada untuk memprediksi seberapa lama kekeringan
akan terjadi.
E. Penanggulangan kekeringan terhadap hal ini untuk mencegah mengundulan lahan akan teratasi
segera.
8. Pihak yang dituju dalam isi opini penulis pada tajuk rencana tersebut adalah
A. pemda setempat
B. pemerintah pusat
C. penebang liar
D. pembakar hutan
E. masyarakat setempat
PRA UN SMA 2017 3
9. Keberpihakan penulis (editorial) pada kutipan tersebut adalah kepada
A. pemda setempat
B. pemerintah pusat
C. penebang liar
D. pembakar hutan
E. masyarakat setempat
10. Cermati kedua kutipan teks berikut.
Teks 1 Teks 2
Buku ini dipersiapkan untuk mendukung
kebijakan kurikulum yang sedang berlaku.
Buku ini juga tidak hanya me mp e rta h an ka n
b a h asa In d o n e sia b era d a da la m d a ftar p elaja ran
d i se ko la h , teta pi ju ga me n ega ska n p e n tin gn ya
ke b era d aa n b a ha sa In d o n es ia se b aga i pe n gh e la
d a n p e mb a w a b e rb a ga i il mu p e n ge ta h ua n .
De n ga n p a ra d igma b a ru ters eb u t, Ba da n Ba ha sa
te rpa n ggil u ntu k b e rtind a k me n ja di a ge n
p e ru ba h an pe mb e lajara n b a h asa In d o n e sia di
s eko la h . P e ru b a ha n p e mb e laja ran itu te rc ermin
d a la m b u ku ya n g d ira n ca ng , ya itu b erb a sis te ks
in i, s esu a i tu ntuta n ku riku lu m.
S e b a ga i e d is i p erta ma , k a mi p e n u lis b u ku ini
s an ga t te rbu ka u n tu k me n erima kritik d a n s ara n
d a ri be rba ga i p ih a k. Ka mi a ka n te ru s me la ku ka n
p e rb aika n d a n p en ye mp u rn a an . Un tu k itu , ka mi
me ngu n d a n g p a ra p e mb a ca memb e rika n kritik,
s aran , da n ma su ka n un tu k p e rb a ika n d a n
p e n ye mp u rn a an b u ku ini d a n u ntu k e d is i
b e riku tn ya . Ata s ko n trib u s i ters eb u t d a pa t
memb e rika n ya ng te rb a ik b a gi kema ju a n d u nia
p e n d idika n d ala m ra ng ka memp e rs iap ka n
ge n era si s era tus ta h un In d on e sia Merd e ka (2 0 4 5) .
U n tu k itu ka mi me ng u c ap k a n terima ka sih .
Perbedaan isi yang terdapat pada kedua kutipan tersebut adalah
Teks 1 Teks 2
A. penjelasan isi pentimg sebuah buku manfaat isi buku bagi pembaca
B. buku yang sangat sesuai dengan kurikulum pihak penulis yang bertanggung jawab
C. pemaparan pentingnya bahasa Indonesia pentingnya kritik dan saran bagi penulis
D. tujuan penyajian atau diterbitkan buku harapan penulis kepada pembaca terhadap
buku
E. perubahan yang terjadi pada kurikulum kemajuan pendidikan masa mendatang
11. Cermati kutipan biografi berikut.
Kata Andrea diambil dari nama seorang wanita yang nekat bunuh diri bila penyanyi pujaannya,
yakni Elvis Presley tidak membalas suratnya. Sedangkan Hirata sendiri diambil dari nama kampung
dan bukanlah nama orang Jepang seperti anggapan orang sebelumnya. Sejak remaja itulah, pria asli
Belitong ini mulai menyandang nama Andrea Hirata. Andrea tumbuh seperti halnya anak- anak
kampung lainnya. Dengan segala keter batasan, Andrea tetap menjadi anak periang yang sesekali
berubah menjadi pemikir saat menimba ilmu di sekolah. Selain itu, ia juga kerap memiliki impian
dan mimpi - mimpi di masa depannya.
Seperti yang diceritakannya dalam novel Laskar Pelangi, Andrea kecil bersekolah di sebuah sekolah
yang kondisi bangunannya sangat mengenaskan dan hampir rubuh. Sekolah yang bernama SD
Muhamadiyah tersebut diakui Andrea cukuplah memperihatinkan. Namun karena ketiadaan biaya, ia
terpaksa bersekolah di sekolah yang bentuknya lebih mirip sebagai kandang hewan ternak. Kendati
harus menimba ilmu di bangunan yang tidak nyaman, Andrea tetap memiliki motivasi yang cukup
besar untuk belajar. Di sekolah itu pulalah, ia bertemu dengan sahabat - sahabatnya yang dijuluki
dengan sebutan Laskar Pelangi.
Keteladan yang terdapat pada diri Anrea sesuai isi kutipan biografi tersebut adalah
A. Mengambil nama untuk diri sendiri dengan nama yang memiliki nilai sejarah untuk
dikenangnya.
PRA UN SMA 2017 4
B. Andrea tetap memiliki motivasi belajar walau bersekolah di tempat yang memprihatinkan.
C. Andrea seorang periang, rajin belajar, dan terkenal sebagai seorang pemikir saat menimba ilmu.
D. Sangat mencintai kampung halamannya dan juga sahabat-sahabatnya yang disebutnya Laskar
pelangi.
E. Dia tidak merasa terpaksa bersekolah di sekolah yang bentuknya lebih mirip sebagai kandang
ternak.
Cermati kutipan dialog berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13.
(1) Hani
(2) Syakira harganya cocok untuk membeli sepeda yang baru, Han.
(3) Hani
(4) Syakira
(5) Hani
(6) Syakira -mudahan, harganya tidak lebih dari uang yang aku punya, ya Syakira,
12. Hal yang diprioritaskan dalam dialog/negosiasi tersebut adalah
A. kepastian harga sepeda
B. keinginan membeli sepeda
C. kepastian menjual sepeda
D. keraguan menjual sepeda
E. kekhawatiran harga sepeda
13. Kalimat imperatif di antara kalimat yang tersaji pada dialog tersebut adalah yang bernomor
A. (1)
B. (3)
C. (4)
D. (5)
E. (6)
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 14 16.
(1) Teks dapat diperinci menjadi berbagai jenis teks, yaitu deskripsi, penceritaan (recount),
prosedur, laporan, eksplanasi, eksposisi, diskusi, surat, iklan, catatan harian, negosiasi, pantun,
dongeng, anekdot, dan fiksi sejarah. (2) Semua itu dapat dikelompokkan ke dalam teks cerita, teks
faktual, dan teks tanggapan. (3) Dua kelompok yang disebut terakhir itu merupakan teks nonsastra
yang masing-masing dapat dibagi menjadi teks laporan dan teks prosedural, transaksional, dan teks
ekspositorial. Sementara itu, teks cerita merupakan jenis teks sastra yang dapat diperinci menjadi
teks cerita naratif dan teks cerita nonnaratif.
14. Maksud kata acuan itu yang bercetak miring pada kalimat ke-2 paragraf tersebut adalah
A. teks dapat
B. dapat diperinci
C. menjadi berbagai
D. diperinci menjadi
E. jenis teks
15. Inti kalimat pertama pada paragraf tersebut adalah
A. teks diperinci menjadi berbagai teks
B. jenis teks setelah dilakukan perinciannya
C. perincian teks dalam berbagai jenis teks
D. beragam teks yang dapat diperinci
E. diketahui jenis perincian teks
PRA UN SMA 2017 5
16. Kesalahan penggunaan kata pada paragraf tersebut adalah
A. diperinci pada kalimat (1) seharusnya dirinci
B. faktual pada kalimat (2) seharusnya factual
C. nonsastra pada kalimat (3) seharusnya tak sastra
D. ekspositorial pada kalimat (4) seharusnya ekspositori
E. nonnaratif pada kalimat (5) seharusnya tidak narasi
17. Cermati penggunaan tanda baca pada kalimat berikut.
Ketika memperkenalkan diri, kepada orang lain, seseorang menggunakan teks deskripsi.
Perbaikan penggunaan tanda koma pada kalimat tersebut adalah
A. Ketika, memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang, menggunakan teks deskripsi.
B. Ketika memperkenalkan, diri kepada orang lain, seseorang menggunakan teks deskripsi.
C. Ketika memperkenalkan diri kepada orang lain, seseorang menggunakan teks deskripsi.
D. Ketika, memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang, menggunakan teks deskripsi.
E. Ketika, memperkenalkan diri kepada orang lain seseorang menggunakan teks deskripsi.
18. Cermati penggunaan tanda baca pada deretan kalimat berikut.
(1) Buku, majalah, dan jurnal termasuk sumber kepustakaan.
(2) Saya ingin membeli kamera, tetapi uang saya belum cukup.
(3) Jad i wajar, kalau dia menjadi bintang pelajar.
(4) Mes kipun demikian anak -anaknya, berhasil menjadi sarjana.
(5) Agar memiliki wawasan yang luas kita, harus banyak membaca buku.
(6) Jadi wajar kalau dia, menjadi bintang
Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat bernomor
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
E. (5) dan (6)
19. Cermati paragraf berikut.
Fungsi bahasa sebagai ekspresif berkenaan dengan penggunaan bahasa untuk menampilkan hal-hal
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A. fikiran
B. kepikiran
C. terfikirkan
D. pikiran
E. pemikiran
20. Cermati penggunaan kata serapan pada kalimat berikut.
Fungsi tekstual adalah fungsi bahasa yang terkait dengan cara penciptaan teks, baik lisan maupun
tulis yang runtut dan yang sesuai dengan konteks. Fungsi ekspresif berhimpitan dengan fungsi
tekstual dapat digunakan dalam hal mengungkapkan diri pembicara atau penulis, baik melalui media
tulis maupun lisan. Fungsi sosial juga disebut fungsi impersonal (hubungan antarsesama)
PRA UN SMA 2017 6
Pebaikan kata serapan tersebut yang tepat adalah
A. impersonalia
B. impersonalitas
C. interpersonalis
D. impersonal
E. interpersonal
21. Cermati penulisan judul berikut.
Saya membaca buku teknik membaca puisi di atas pentas sebelum mengikuti lomba baca puisi
dalam peringatan Bulan Bahasa.
Perbaikan penulisan judul buku tersebut adalah
A. Teknik membaca puisi di atas pentas
B. Teknik membaca Puisi di atas pentas
C. Teknik Membaca Puisi di atas pentas
D. Teknik Membaca Puisi di Atas Pentas
E. Teknik Membaca Puisi Di Atas Pentas
22. Cermati paragraf berikut.
Mereka ini melakukan perjuangan yang panjang sehingga mereka menemukan solusi yang tepat
menjadi orang yang sukses dalam bidangnya, yaitu kewirausahaan. Sebagai orang yang pandai atau
berbakat mengenali
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A. produk
B. produsen
C. produktivitas
D. produktif
E. produksitas
23. Cermati paragraf berikut.
Selanjutnya, kalian tentu mengenal salah seorang perancang yang fenomenal di dunia busana
muslim tanah air, Dian Pelangi. Perempuan multitalenta kelahiran Palembang tahun 1991 itu dalam
usia belia mampu menembuskan produk busana muslimnya ke mancanegara. Kemampuannya untuk
membuat busana muslim yang tidak biasa dengan citra dan gaya tersendiri menempatkan Dian
Pelangi seorang perancang yang patut diperhitungkan.
Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A. murah sekali
B. sangat banyak
C. sangat bagus
D. sangat sederhana
E. amat indah
PRA UN SMA 2017 7
24. Cermati paragraf berikut.
Banjir bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan waktu yang lama pada daerah aliran
sebab akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A. sehingga
B. karena
C. jika
D. agar
E. ketika
25. Cermati penggunaan konjungsi dalam paragraf berikut.
Hujan yang jatuh ke tanah airnya akan menjadi aliran permukaan di atas tanah dan sebagian meresap
ke dalam tanah. Hal ini sangat bergantung pada kondisi tanahnya. Hutan yang bisa menahan aliran
permukaan cukup besar diganti menjadi permukiman dengan resistensi aliran permukaan kecil
sehingga suatu kawasan hutan diubah menjadi permukiman. Akibatnya, ada aliran permukaan tanah
menuju sungai dan hal ini berakibat adanya peningkatan debit alir an sungai yang besar.
Perbaikan kata konjungsi yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah
A. bahwa
B. bahkan
C. laksana
D. walau
E. ketika
26. Cermati paragraf berikut.
Pagi itu kami menempuh perjalanan selama dua jam menuju lokasi wisata pantai. Kami menikmati
keindahan panorama alam pantai sambil
A. berjalan-jalan, wisatawan-wisatawan, berkejar-kejaran
B. berjalan-berjalan, wisatawan-wisatawan, berkejaran-kejaran
C. berjalan-jalan, wisata-wisatawan, kejar-kejarkan
D. jalan-jalan, wisatawan-wisatawan, terkejar-kejarkan
E. jalan-jalani, wisatawan-wisatawan, berkejar-kejaran
27. Cermati paragraf berikut.
Perubahan tata guna lahan merupakan penyebab utama banjir dibandingkan dengan yang lainnya.
Apabila suatu hutan yang berada dalam suatu aliran sungai
yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A. dirubah, bermukim, perubahan
PRA UN SMA 2017 8
B. diubah, permukiman, perubahan
C. diubah, permukiman, pengubahan
D. berubah, permukiman, perubahan
E. berubah, bermukim, berubah
28. Cermati deretan kalimat berikut.
(1) Masukkan tana h ke wadah sebagai alas dan siram dengan air.
(2) Pilah -pilih sampah dan pisahkan antara sampah plastik dan sampah daun -daun tanaman
organik.
(3) Sediakan wadah yang layak (ember, tong, atau wadah) yan g dirasa cukup layak. Usahakan
tempat yang A nda sediakan mempunyai tutup sehingga nantinya bisa terhindar dari binatang
lalat, tikus atau mungkin terkontaminasi air hujan.
(4) Letakkan wadah tadi di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan biarkan wadah
tersebut selama kurang lebih tiga minggu.
(5) Tutup la pisan daun, sampah rumah tangga tadi dengan tanah lagi dan siram kembali dengan
air, lalu tutup wadah sampah tadi menggunakan tutup yang sudah disediakan. Fungsi penutup
ini untuk menghindarkan calon kompos tadi air hujan dan lalat.
(6) Masukkan sampah daun -da un dan sampah limbah rumah tangga ke dalam wadah di atas
lapisan tanah tadi, ratakan sampai kira -kira ketebalannya sama dengan ketebalan tanah yang
tadi dimasukkan.
Urut an kalimat tersebut yang tepat sehingga menjadi sebuah paragraf prosedur adalah
A. (1), (3), (6), (2), (5), dan (4)
B. (2), (3), (1), (5), (6), dan (4)
C. (3), (1), (2), (6), (5), dan (4)
D. (4), (3), (6), (2), (1), dan (5)
E. (5), (1), (4), (3), (2), dan (6)
29. Cermati paragraf deskripsi berikut.
Pagi ini udara dingin sekali. Cuaca cerah. Tampak langit tidak berawan. Karena masih pagi, hanya
tampak beberapa orang sedang berjalan santai dan berlari-lari kecil berolahraga dengan berpakaian
olahraga. Kendaraan bermotor juga sangat jarang yang lewat.
Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A. Sangat tenang sepanjang hari itu terasa.
B. Masih sejuk dengan semilir angin berhembus.
C. Seakan masih malam karena heningnya keadaan.
D. Sangat lengang pagi itu karena tanpa aktivitas.
E. Jadi, pagi yang cerah itu terasa lengang
30. Cermati paragraf narasi berikut.
Gibran kembali ke Boston pada 1902 karena mendapat kabar bahwa ibunya sakit keras. Ibu yang
sangat memengaruhi Gibran ini akhirnya meninggal pada Juni 1903 setelah didahului oleh adiknya,
Sultana (4 April 1902) dan kakaknya Boutros (12 Maret 1903). Kematian orang-orang yang sangat
yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut adalah
A. Itulah kebiasaan yang dilakukan oleh para penulis bila sedang berkarya.
B. Tidak menduga sedikit pun dia akan mengalami peristiwa yang sedih ini.
C. Dia sangat menyayangi orang yang berada di sekitarnya dan keluarganya.
D. Kesan ini sangat jelas terekspresikan dalam karya-karya yang ditulisnya.
E. Dia merasa sedih ditinggal pergi selamanya oleh orang yang disayangnya.
PRA UN SMA 2017 9
31. Cermati paragraf berikut.
Bakat kesusastraan dan melukis Gibran mulai menonjol sejak ia bersekolah di Boston (1895
yang tepat untuk melengkapi simpulan paragraf tersebut adalah
A. Dengan ketekunannya dan kesungguhan belajar itu, dia berhasil menjadi seorang pelukis dan
pematung yang andal.
B. Dirinya sendiri tidak menyangka akan mengalami hidup berpindah-pindah karena kesulita
ekonomi keluarga.
C. Ke mana pun seorang seniman, akan selalu memanfaatkan waktu dan situasi untuk menuangkan
suasana hatinya.
D. Memang sangat diperlukan latihan secara bersinambung untuk memperoleh ketempilan sesuai
bakat seseorang.
E. Jadi, dia sangat menerima kehidupan apa pun yang sedang menimpa dirinya dengan sabar dan
tidak berputus asa.
32. Cermati pendapat berikut.
Pendapat:
Seseorang yang banyak membaca akan terampil dalam menulis
Argumen:
(1) Membaca memperluas wawasan pergaulan dan persahabatan karena otomatis akan suka
menulis dan bertukar karya tulis
(2) Membaca menjadikan otak seseorang akan selalu ingin menulis dalam berbagai bentuk.
(3) Membaca merangsang terbentuknya informasi baru di sistem daya ingat yang siap dipanggil
kapan saja , terutama saat menulis.
(4) Membaca membuat jalan pikiran sesorang positif dan berperilaku baik dalam berbuat atau
bertindak .
(5) Membaca memperkaya kosa kata, pilihan kalimat, dan cara penyajian ya ng bisa Anda pakai
dalam menulis.
Kalimat argumen yang sesuai untuk pendukung pendapat tersebut adalah bernomor
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)
33. Cermati kalimat berikut.
Karena hidup dalam dua kutub ranah budaya, Timur dan Barat, maka Gibran menjelma menjadi
manusia kosmopolit yang tidak terikat pada kebangsaan dan kebudayaan tertentu.
Perbaikan kalimat tersebut dengan alasan yang tepat adalah
A. Membuang salah satu konjungsi karena atau maka karena penggunaan keduanya, kalimat
tersebut tidak memiliki induk kalimat (tidak sempurna)
B. Penggunaan koma (,) sebelum kunjungsi maka tidak tepat (salah) karena maka berupa konjungsi
kalimat majemuk yang terdapat di tengah kalimat.
PRA UN SMA 2017 10
C. Konjungsi karena tidak tepat diletakkan di awal kalimat, seharusnya ditempatkan di tengah
kalimat untuk menyatakan sebab.
D. Konjungsi maka tidak tepat diletakkan di awal kalimat, seharusnya ditempatkan di tengah
kalimat untuk menyatakan akibat dan diberi tanda koma sebelumnya.
E. Membuang konjungsi maka dan tidak membuang koma menjadikan kalimat tersebut efektif
karena memiliki induk kalimat dan anak kalimat.
34. Cermati ilustrasi berikut.
Safri meminjam sepeda Tono. Namun, sebelum dipakai Safri, Tono berpesan agar berhati-hati,
jangan sampai jatuh, dan rusak karena sepeda itu hadiah ulang tahun dari kakaknya. Akan tetapi,
Safri tidak mengindahkan pesan Tono. Dia memacu sepedanya dengan kencang dan akhirnya
tersungkur masuk got. Sepeda Tono rusak, stangnya bengkok. Dia menyerahkan begitu saja sepeda
itu kepada Tono. Tono meminta Safri untuk memperbaiki, tetapi Safri tidak mau. Dia hanya
meminta maaf dan berlalu meninggalkan Safri dengan sepedanya yang sudah rusak itu.
Ungkapan yang sesuai dengan perilaku Safri sesuai ilustrasi tersebut adalah
A. sembunyi tangan
B. panjang tangan
C. lepas tangan
D. berat tangan
E. berpangku tangan
35. Cermati ilustrasi berikut.
Ketika seseorang sedang berjaya dan suka membantu orang yang serba kekurangan. Karena
kebaikannya itu, dia disukai dan disanjung-sanjung. Akan tetapi, pada saat dia mengalami musibah
dan tidak mampu lagi berbagi, dia dilupakan begitu saja. Semua tidak peduli lagi.
Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah
A. Menohok teman seiring.
B. Habis manis sepah dibuang.
C. Lempar batu, sembunyi tangan.
D. Tak ada gading yang tak retak.
E. Bagai api dalam sekam.
36. Cermati kedua kutipan teks cerpen berikut.
Cerpen 1 Cerpen 2
Beberapa tahun lalu, pesta perkawinan
Gentasari dengan Rustamadji yang digelar
dengan menyembelih tiga belas ekor kambing
dan berlangsung selama tiga hari, tidak berjalan
mulus, bahkan hampir saja batal. Keluarga
mempelai pria merasa dibohongi oleh keluarg a
mempelai wanita yang semula sudah berjanji
bahwa semua urusan masak - memasak selama
kenduri berlangsung akan dipercayakan kepada
Makaji, juru masak nomor satu di Lareh
Panjang ini. Namun, di hari pertama perhelatan,
ketika rombongan keluarga mempelai pria tiba,
gulai kambing, gulai nangka, gulai kentang,
gulai rebung, dan aneka hidangan yang tersaji
ternyata bukan masakan Makaji. Mana mungkin
keluarga calon besan itu bisa dibohongi? Lidah
Merah padam muka Azrial mendengar nama itu.
Siapa lagi anak gadis Mangkudun kalau bukan
Renggogeni, perempuan masa lalunya. Musabab
hengkangnya ia dari Lareh Panjang tidak lain
adalah Renggogeni, anak perempuan tunggal
beleng (* semata wayang) itu.
PRA UN SMA 2017 11
mereka sudah sangat terbiasa dengan masakan
Makaji.
(cerpen: Juru Masak)
Perbedaan latar suasana yang terdapat pada kutipan tersebut adalah
Cerpen 1 Cerpen 2
A. kekecewaan kemarahan
B. kesedihan kekecewaan
C. kekhawatiran kekacauan
D. kekacauan kesediahan
E. kemarahan kekhawatiran
Cermati kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal 37 40.
Tiba-tiba aku ingat lagi pada Kakek dan kedatangannya Ajo Sidi kepadanya. Apakah Ajo Sidi
telah membuat bualan tentang Kakek? Dan bualan itukah yang mendurjakan Kakek? Aku ingin tahu.
Lalu aku tanya Kakek lagi:
Robohnya Surau Kami)
37. Konflik pada diri Kakek dalam kutipan cerita pendek tersebut adalah
A. Ajo Sidi berbual terhadap Kakek
B. si Aku membuat rasa marah Kakek
C. kemarahan Kakek kepada Ajo Sidi
D. Kakek dan Ajo Sidi bermusuhan
E. si Aku yang mengganggu Kakek
38. Pendeskripsian watak Kakek seorang yang emosional sesuai isi kutipan cerita pendek cerpen tersebut
adalah melalui
A. pikiran-pikiran tokoh
B. tanggapan tokoh lain
C. tindakan tokoh
D. dialog antartokoh
E. bentuk lahir tokoh
39. Amanat sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah
A. Berhati-hatilah jika menghadapi orang yang sudah tua dan mudah tersinggung karena perbuatan
itu akan menyakitkan hatinya.
B. Jangan membual dengan hal yang menyinggung perasaannya orang yang sudah tua karena akan
menimbulkan sakit hati orang tersebut.
C. Hendaklah anak muda menghormati orang yang sudah lanjut usia, sopan santun, dan membantu
keperluannya dalam berbagai hal.
D. Mari kita menghibur orang yang sudah tua atau lanjut usia karena mereka suka dengan hiburan
dan cerita yang lucu yang menghibur.
PRA UN SMA 2017 12
E. Hindari saling mencela dan mengejek antara anak muda dengan orang tua atau sebaliknya agar
terhindar dari saling menyinggung.
40. Ringkasan yang sesuai isi kutipan cerpen tersebut adalah
A. Seseorang yang sangat kasihan melihat Kakek yang bersedih dan ingin sekali menghiburnya dan
ingin tahu tentang penyebabnya.
B. Keinginan si kakek untuk bertemu dengan Ajo Sidi yang membuali dirinya dengan cerita-cerita
sehingga ingin membalasnya.
C. Si Kakek sudah lama tidak marah-marah karena takut imannya rusak dan dia juga merasa sudah
lama berbuat baik, beribadat, dan bertawakal kepada Tuhan.
D. Si Kakek tukang pengasah pisau yang sangat taat beribadah, penolong, dan tidak suka
mendengarkan cerita-cerita bohong.
E. Bualan Ajo Sidi terhadap Kakek membuat Kakek sangat marah, tetapi dia redam kemarahannya
karena dia sadar bahwa dia sudah tua.
Cermati novel Layar Terkembang berikut untuk menjawab soal 41 43.
mesin yang mematikan
Hal yang ada pada kutipan cerita tersebut juga terdapat dalam kehidupan adalah
A. pendapat orang tua yang sering berlawanan dengan anak muda
B. orang tua yang merasa sangat rugi telah menyekolahkan anaknya
C. anak muda yang selalu ingin mencari uang secara berlebihan
D. orang tua dan anak yang selalu bertukar pendapat dalam berbagai hal
E. keinginan anak dan orang tua sama-sama ingin mengubah nasib buruk
42. Suasana dalam kutipan novel tersebut adalah
A. ketakhawatiran
B. kemarahan
C. keheranan
D. kegelisahan
E. keharuan
43. Makna kata berlambang mesin yang bercetak miring dalam kutipan novel tersebut adalah
A. canggih
B. kaku
C. berat
D. terpola
E. tertekan
Cermati kutipan karya novel berikut untuk menjawab soal 44 45.
(1)
PRA UN SMA 2017 13
terang kita mendapat sekian.
44. Nilai-nilai budaya dalam kutipan cerita novel tersebut adalah
A. Masyarakat yang selalu membanding-bandingkan pekerjaan orang.
B. Suatu keharusan seorang anak berbakti kepada orang tua setelah bekerja.
C. Semua keluarga diharuskan bekerja di kantor dan menghindari usaha sendiri.
D. Masyarakat yang menganggap rendah seseorang yang tidak bekerja di kantor.
E. Adanya anggapan masyarakat bahwa kerja kantor lebih baik daripada usaha sendiri.
45. Kalimat berupa majas dalam kutipan novel tersebut terdapat pada kalimat bernomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
46. Cermati larik pantun berikut.
Membaca novel Sitti Nurbaya
Nama pengarang nya Marah Rusli
Kita anak muda ayo berkarya
A. Supaya senang kemudian hari.
B. Kepada orang tua harus berbakti.
C. Tidak hidup sendiri-sendiri lagi
D. Kami semua pasti sangat berani
E. Tidak ada lagi tak percaya diri
47. Cermati isi sebait Gurindam Dua Belas berikut.
Hendaklah jadi kepala
Buang perangai yang cela
Amanat yang terdapat pada isi bait gurindam tersebut adalah
A. Jadi kepala berarti menjadi pemimpin, baik formal maupun nonformal.
B. Ketahuilah, perangai yang tercela artinya perilaku yang tidak baik.
C. Pemimpin tidak boleh mempunyai sikap, sifat, perilaku yang tercela.
D. Setiap orang pastilah akan mampu menjadi pemimpin yang baik.
E. Keteladanan yang baik dapat dicontoh dari seorang pemimpin.
48. Cermati isi kutipan cerpen berikut.
Ada saat-saat di mana
Orang Miskin yang Bahagia)
PRA UN SMA 2017 14
Kalimat resensi berupa keunggulan berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah
A. Pendeskripsian suasana dalam cerita sangat hidup dan membuat pembaca terasa ikut serta dalam
suasana tersebut.
B. Watak tokoh digambarkan sangat jelas dan wajar, seperti sifat sedih dan sifat malu menerima
kenyataan.
C. Tema yang diangkat sebagai masalah yang dipaparkan dalam isi cerita sangat menarik bagi
pembaca.
D. Penulis dengan apik memberikan amanat dalam cerita sebagai introspeksi diri bahwa banyak
orang malu mengakui kemiskinan.
E. Cerpen ini sangat baik dan cocok dibaca oleh semua lapisan, yaitu anak-anak, dewasa, orang tua.
49. Cermati isi kutipan novel berikut.
Ada lagi satu cerita, yang suka diulangnya padaku:Suatu malam ada seorang pencuri
menyatroni rumah orang miskin. Mengetahui hal itu, si miskin segera sembunyi. Tapi pencuri itu
memergoki dan membentaknya,
Orang Miskin yang Bahagia)
Kalimat kritik berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah
A. Betapa menderitanya kehidupan orang miskin yang diungkapkan dalam cerita pendek tersebut.
B. Cerita yang diungkapkan dalam cerpen seperti anekdot karena berisi sebuah kelucuan dan
sindiran tehadap orang miskin yang malas.
C. Hal yang diungkapkan dalam cerpen tersebut menggambarkan kehidupan orang-orang miskin
yang malas.
D. Pengarang seakan kehabisan ide dalam mencari bahan cerita sehingga mencerita kehidupan
orang miskin.
E. Terasa pengarang ingin mencari ide cerita yang berbeda dari cerita yang ditulis oleh pengarang-
pengarang yang lain.
50. Cermati isi kutipan cerpen berikut.
Dua ekor gajah telah mati, seminggu sebelum kegawatan semakin memuncak, dan Made Sukari
berlari memberi tanda menuruni bukit. Wajah-wajah pucat dan gemetar menjalar, melewati ladang,
kebun, dan rumah-rumah yang langsung siaga.
esai (tanggapan) berdasarkan kutipan cerpen tersebut adalah
A. Penggambaran betapa pentingnya gajah bagi manusia sehingga banyak orang memburunya.
PRA UN SMA 2017 15
B. Terbayang dalam cerita gajah-gajah yang sedang berkeliaran di hutan bebas lepas di habitat
mereka.
C. Kehidupan manusia dan binatang sangat berbeda dan memiliki jarak walaupun mereka di
lingkungan yang sama.
D. Jarang sekali kita membaca cerita yang menggambarkan kehidupan gajah secara lengkap seperti
dalam cerpen ini.
E. Pembunuhan gajah yang dilukiskan dalam cerita membuat hati tersentuh, pilu, dan mengutuk
pelakunya.
BILA SOAL KURANG JELAS BISA DOWNLOAD FORMAT PDF DISINI
NB : UNTUK MELIHAT KUNCI JAWABAN SILAHKAN KESINI
Prediksi Soal Matematika UN SMA/MA 2017 Dan Kunci Jawaban
Untuk paket soal prediksi UN SMA yang lain insyaallah akan diunggah secepatnya, dan soal-soal lainnya bisa anda lihat pada bagian kanan blog ini. Jadi selalu kunjungi blog ini untuk mengetahui update terbarunya ya!
Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Prediksi Bocoran Soal UN Bahasa Indonesia IPS SMA/MA 2017 dapat bermanfaat untuk adik adik semua yang sedang mencari beberapa refrensi ataupun mencari contoh soal ujian nasional ini. Dan semoga dapat bermanfaat untuk belajar dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sesunggguhnya. Dan jangan lupa untuk share untuk temannya yang membutuhkan contoh latihan soal ini, karena sebuah kebaikan sekecil apapun nantinya akan mendapatangkan kebaikan pula yang lebih besar untuk diri sobat semuanya.
0 Response to "Prediksi Bocoran Soal UN Bahasa Indonesia IPS SMA/MA 2017"
Post a Comment
Silahkan beri Komentar disini