-->

Simple past tense, past continuous tense, pembahasan contoh soal

Simple past tense menunjukkan suatu kegiatan terjadi pada masa lalu. Pola kalimat simple past tense: Subjek + Verb-2 + objek. Past continuous tense menunjukkan kegiatan sedang terjadi pada masa lalu. Pola kalimat past continuous tense: Subjek + was/were + V-ing. Simple past tense dan past continuous tense memiliki penggunaan sebagai berikut:
  1. Menunjukkkan kegiatan terjadi pada masa lampu ketika kejadian lain berlangsung. Pola kalimat ini yaitu: When + Subjek 1 + Simple past + Subjek 2 + past continuous atau Subjek 1 + past continuous tense + when + Subjek 2 + simple past.
  2. Menunjukkan dua kejadian berlangsung pada saat bersamaan. Pola kalimatnya: Subjek 1 + past continuous + while + Subjek 2 + past continuous atau while + subjek 1 + past continuous + Subjek 2 + past continuous.

Untuk lebih jalasnya, pelajari pembahasan contoh soal dibawah ini:

Nomor 1
What did you study at the college?
I .... computer science.
A. studied
B. was studying
C. study
D. have studied
E. had studied

Pembahasan
Terjemahan soal:
'apa yang kamu pelajari di kampus?'
'Saya ...ilmu komputer'
Jadi kata yang cocok untuk mengisi titik-titik adalah 'belajar'. Namun kegiatan belajar ilmu komputer yang dilakukan saya terjadi pada masa lalu, yaitu ketika kuliah di kampus. Jadi kalimat tersebut menunjukkan simple past tense, sehingga kata kerja 'belajar' yang digunakan adalah verb-2 yaitu 'studied'.
Jawaban: A

Nomor 2
He .... to France last year.
A. go
B. going
C. is going
D. went
E. gone

Pembahasan
Terjemahan soal:
Dia ... ke Prancis tahun lalu.
Keterangan tahun lalu menunjukkkan peristiwa itu terjadi pada masa lalu. Jadi kata yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah 'pergi' verb-2 yaitu 'went'.
Jawaban: D

Nomor 3
Doni .... his work last night.
A. do
B. did
C. doing
D. is
E. are

Pembahasan
Terjemahan soal:
Doni .... pekerjaannya tadi malam.
Keterangan tadi malam menunjukkan kegiatan berlangsung pada masa lalu. Jadi kata yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah 'mengerjakan' verb-2 yaitu 'did'.
Jawaban: B

Nomor 4
When Joni came home, Joko ... television
A. was watching
B. is watching
C. watch
D. have watch
E. has watch

Pemahasan
Terjemahan:
Ketika Joni pulang, Joko ... televisi.
Jadi kata yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah 'sedang menonton'. Namun peristiwa ini terjadi pada masa lalu yaitu ketika Joni pulang. Sehingga kalimat tersebut menunjukkan past continuous tense sehingga bahasa inggris 'sedang menonton' yang digunakan adalah 'was watching'.
Jawaban: A

Nomor 5
Fina was sleeping while Joni .... a book.
A. read
B. is reading
C. was reading
D. were reading
E. am reading

Pembahasan
Terjemahan:
Fina sedang tidur sementara Joni ... buku.
Jadi kata yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah 'sedang membaca'. Kalimat pada soal menunjukkan peristiwa sedang terjadi pada masa lalu sehingga kalimat tersebut merupakan past continuous tense. Jadi bahasa Inggris 'sedang membaca' yang digunakan adalah 'was reading'.
Jawaban: C

0 Response to "Simple past tense, past continuous tense, pembahasan contoh soal"

Post a Comment

Silahkan beri Komentar disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel